mancing dipulau seribu via tanjung pasir

Mancing dengan nelayan tanjung pasir

Awalnya tgl 17 september 2010 malam Pak SUGITO main kerumah dan bertanya besok libur pak PIL? “kedatangan  pak SUGITO langsung mengingatkan kami bahwa 1 bulan kami tak mancing karena puasa” ya pak besok libur, tp teringat besok kerja bakti di lingkungan pak. pada tanggal 18 september 2010, kami tak ada rencana untuk melakukan kegiatan apapun, malam itu kami berkumpul dirumah PAK TONO. berkumpul membicarakan tentang hal yang sedang terjadi diwilayah, karena kami adalah pengurus RW diwilayah kami. sambil terdengar selentingan dari penasehat mancing kami yaitu BAPAK SUGITO yang menyindir soal mancing, lalu disambut PAK TONO yang dengan ciri khasnya menyentil dengan kata2 manis tapi menusuk jiwa petualang kami. hehe

tidak sadar kami pun berganti topik dari lingkungan ke laut… hehe panjang lebar membicarakan soal mancing. akhirnya kami pun merencanakan untuk pelesiran esok hari. seperti tanda alam PAK TONO pun menghubungi BANG HASAN nelayan tanjung pasir tangerang yang menyewakan perahu nya yang berwarna “kuning”(kata PAK TONO) eh salah merah bernama HIDAYAH. tanjung pasir tidak jauh dari tempat kami hanya berjarak <>30 km atau sekitar 45 menit perjalanan. setalah deal kami pun pulang,  istirahat menyiapkan tenaga untuk berjuang esok hari. tetapi fikiran tak menentu bayangan air laut sudah terlanjur membanjiri fikiran ini…

keEsokan harinya, kami bangun sebelum mata hari menampakkan batang hidung’a! kami menyiapkan segala sesuatunya, dengan dibantu dengan para isteri2 kami yang walaupun sedikit kesal karena suami’a saat hari libur tak pernah dirumah. tapi inilah isteri2 calon surga karena tak pernah melarang suaminya mancing. he! kami pun berkumpul untuk bergegas ketempat “kapal kuning”(kata PAK TONO) berada.

50 mnt kemudian kami sampai ketempat “kapal kuning” agak telat 5 menit karena kami membeli umpan udang. sesampainya disana kami disambut dengan wangi nasi uduk dan beberapa teman2nya seperti telor sambel dan semur jengkol. haha! 10 menit kemudian kami berangkat menggunakan “perahu kuning” dan sebelum menuju spot di pulau bokor kami membeli Rebon untuk mengundang ikan pada saat kami memancing.

akhirnya setelah penantian yg sangat panjang kami tiba dispot mancing! tak sabar kami jangkar pun belum turun pancing sudah kami turunkan! di spot pertama kami mendapatkan hasil yg kurang maksimal ikan2 dasar berhasil kami angkat namun ukuran tak maksimal. kami berpindah ke spot yang kedua.. kami mendapatkan ikan kerapu “kata pak SUGITO: wah ini karang bang hasan coba geser ketengah sedikit”. kami bergeser ABK pun segera mengulur jangkar. kami berada 5 meter dari bagan jaring! PAK TONO mengeluarkan jampi2 nya.katanya sih belajar saat tinggal di madura yaitu “kecemplung buah hawerung, kacemplang buah hawerang” tak lama sesaat kemudian terjadi banyak sambaran. diawali oleh PAK TONO mendapat sambaran ikan besar namun pak tono tahu senarnya tak akan kuat menarik ikan besar. sehingga berbicara”wah putus nih2″ ternyata felling PAK TONO benar. senar pancingnya pun putus tak kuat menarik perlawan ikan! lalu berinisyatif mengganti senar yang lebih besar karena. jika banyak putus maka ikan akan kabur! tarikan pertama ikan kue rambe seberat 5kg berhasil kami naikkan! setelah itu teman2nya pun ngikut.  penuh deh box ikan kami. setelah agak sepi kami mampir ke karang besar, disana mendapkan tarikan yang sangat dashyat tetapi pada saat 2 mtr ikan telah terlihat senar putus1 mugnkin karena gigi ikan tersebut sangat tajam, karena kami tak menggunakan seling! saat sambaran kedua kami tak ingin putus kembali setelah berjuang beberapa waktu ikan talang pun naik ke box kami. karena waktu telah sore akhirnya kami pun pulang membawa ikan banyak dan membaginya kpd tetangga2 kami.

crew                 : -pak tono,-pak gito,-pak pil, bang hasan(nelayan)

 

dokumentasi:

7 responses to “mancing dipulau seribu via tanjung pasir

  1. lumayan menarik blognya gambarnya pun bagus2!
    boleh kami gabung pak?
    saya cahyono pak pemancing asal BSD?
    sekalian boleh minta no.tlp tukang kapalnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s